INDAHNYA AIR TERJUN TIRTOSARI, SARANGAN – MAGETAN.

Desember kemarin (2019) Saya sempat solo traveling ke Magetan, tepatnya eksplore Telaga Sarangan dan sekitarnya. Seperti biasa, Saya suka cari referensi destinasi wisata via Google Maps (aplikasi andalan Saya) atau Instagram. Sampai akhirnya yang lebih menarik perhatian Saya adalah Air Terjun Tirtosari (karena perjalanan menuju tempat itu bagus banget).

Kata pengantarnya nggak usah panjang-panjang, ya. Soalnya banyak banget pemandangan yang mau Saya kasih lihat ke kalian ! Saking indahnya, jalan selama satu jam nggak akan berasa (apalagi sambil gandengan) #gandengantangansamasiapa?!

Sebelumnya, pintu masuk dan loket menuju Air Terjun Tirtosari itu berada di dalam Kawasan Telaga Sarangan. Kalau kalian ada di dalam area telaga, temukan Monumen Pesawat Terbang (seperti di foto). Karena nggak jauh dari situ, ada loket menuju Air Terjun Tirtosari. Harga tiket masuk ke air terjunnya sekitar 6 ribu perorang. Nah, yang nggak kuat jalan, tenang aja, ada jasa ojek (seingat Saya tarifnya itu sekitar 10-15 ribu, tapi masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki).
Begitu beli tiket dan melewati loket masuk, kalian akan dihadapi oleh dua pilihan trek menuju air terjunnya. Trek ojek di sebelah kiri & trek datar di sebelah kanan Saya. Sempat ragu pilih jalur yang mana, karena akan mempengaruhi pemandangan yang akan Saya lihat nantinya. Akhirnya Saya memutuskan jalan lewat trek ojek. Pemandagan kanan kirinya seperti difoto, dan itu jalannya turunan.
Jalan menurun tadi membawa Saya ke persimpangan. Sempat bingung mau belok kanan atau kiri, yang pasti di persimpangan itu Saya berhenti sebentar untuk melihat keindahan dan tentu saja berfoto ria. Sebelum Saya kasih lihat pemandangan seperti apa yang ada diujung jalan itu, Saya mau kasih lihat trek datarnya (foto bawah).
Ini penampakan jalur datarnya. Di trek ini, kalian melintasi punggugan gunung yang asri & ditemani suara air mengalir dari parit kecil yang airnya jernih sekali.  Pemandangan di sisi kiri kalian adalah perbukitan dan ladang penduduk. Dari atas sini kalian bisa melihat trek ojek (karena jalur ini posisinya lebih tinggi). Jalannya memang masih tanah berkerikil, tapi sepanjang beberapa meter, jalannya datar kok.
Biar nggak penasaran, Saya coba trek ini di perjalanan pulangnya. Lumayan lah ya, dapet bonus jalan datar, disisa sisa tenaga dan telapak kaki yang mulai kram.
Ini dia view yang akan kalian lihat begitu sampai di ujung jalan menurun tadi. Jalan berliku yang tampak di kiri foto adalah trek ojek, tidak jauh tepat di atasnya adalah trek datar. Dari sini, Air terjun Tirtosari masih lumayan jauh sih. Saya harus menuju ke rumah-rumah yang ada di sana, dan dari situ masih harus melintasi perkebunan warga yang ada di balik bukit. Meski terik, tapi pemandangannya juara ! Langitnya biru, tampak kontras dengan bukit kokoh yang menjulang !
Saya iseng coba turun ke perkebunan, lewat jalan yang sudah di semen itu. Ya ampun, turunannya terjal banget. Motor yang lewat sini dan membawa hasil pertanian pasti mesinnya sudah di modif, karena kalau pas menanjak, mereka harus gas poll ! Saya nggak jalan sampai ke rumah itu, karena udah ngebayangin jalan baliknya, nanjak banget ! Saya turun ke bawah supaya dapat angle berbeda aja sih, karena berada di lembah perbukitan.
Ini adalah pertemuan dari trek datar (kanan yang berbatu itu) dan trek ojek. Kalau mau ke air terjun, harus belok kiri (ada petunjuknya kok).
Kalau sebelumnya rumah-rumah ini hanya terlihat dari jauh, sekarang Saya mulai melewati perumahan warga. Di situ ada saluran air (nggak tau fungsinya memang sebagai pembuangan atau saluran irigasi, karena airnya jernih banget). Tapi perumahan warga ini nggak terlalu luas sih, karena setelah ini, Saya akan memasuki kawasan perkebunan lagi.
Setelah melewati gapura tadi, ini pemandangan yang bisa kalian lihat. Masih di dominasi bukit-bukit yang menjulang.
Petunjuk menuju Air Terjun Tirtosari. Di ujung jalan yang di cat biru & pink itu, sudah mulai perkebunan warga lagi.
Rumah warga di sini colorful banget. Jangankan cat di dindingnya, jalannya aja di gambar motif yang colorful. Terus yang unik (Saya baru sadar pas perjalanan pulangnya), sepatu bekas ini dimanfaatkan sebagai media tanam. Unik banget. Terus jalannya juga bersih, bebas sampah.
Oke, sekarang kita memasuki trek perkebunan lagi. Tenang aja, dari pos pembelian tiket sampai ke air terjunnya, rutenya jelas banget, karena tinggal ngikutin trek semen. Jangan lupa berhenti sebentar di spot ini, karena viewnya juara. Kalau lanjut ke air terjun (di sisi kiri foto) itu ada tangga dan jalan menurun.
Papan plang ini akan kita temui setelah turun dari spot foto sebelumnya. Dan lucunya, Saya lihat plang ini justru di perjalanan pulangnya. Pas berangkat nggak ‘ngeh’ sama sekali.
Dominasi pemandangan yang akan kita lewati saat menuju ke Air Terjun Tirtosari.
Ini spot favorit Saya, karena teduh (whehe..) Bagian kirinya sungai (debit airnya lagi sedikit) sisi kanannya parit, yang airnya jernih dan sueger pol !
Setelah melewati bendungan tadi (bendungan ber-cat biru), ternyata masih ada jalan yang menanjak !  Yeyyy (tarik nafas, berenti sejenak) ! Cuma kali ini lumayan enak, nggak akan kepanasan, soalnya pohon di kanan kirinya lumayan rimbun, jadi agak teduh.
Lihat ada warung berasa sebentar lagi sampai ya, padahal sih ya, masih lumayan, karena masih ada tiga tanjakan lagi yang harus kalian lewati setelah ini. Di sisi kiri ada batang bambu yang mengalirkan air (entah mata air) atau dari sungai di situ, yang jelas, rombongan yang naik bareng Saya pada berhenti untuk cuci tangan hingga wajah di pancuran tersebut.
Kalau kalian menemui tangga ini, sebenarnya ada dua opsi jalan yang bisa kalian lewati (meskipun sebenernya sama-sama aja sih, menanjak juga) cuma tergantung kalian suka yang mana, lewat kanan treknya berupa anak tangga berbatu, di kiri jalannya berupa coran semen. Tapi tenang, di atas pemandangannya best banget !
Nah, liat kan ? Cantik banget kan? 🙂
Dari sini sudah kelihatan belum air terjunnya ?
Setelah mengikuti jalan setapak tadi, sampailah kita di Air Terjun Tirtosari, Sarangan.
Setelah satu jam perjalanan, ini dia Air Terjun Tirtosari, yang berada di dalam kawasan Telaga Sarangan, Magetan. Waktu itu Saya perempuan sendiri, sisanya cowok-cowok yang pada asik bermain air di bawah air terjun. Kalau di lihat dari deket, air terjunnya tinggi banget. Seperti bisa, di sisi kanan kirinya banyak lapak dagangan, tapi waktu itu pada tutup, yang buka justru warung-warung di bawahnya.
Pas turun dari air terjun, Saya ditawari untuk naik ojek, tapi Saya tolak, karena masih mau menikmati pemandangan alam. Waktu itu tidak banyak wisatawan yang ke air terjun, jadi enak banget, suasananya tenang.
Sebel karena pemandangannya bagus tapi nggak ada yang fotoin. Akhirnya taro hp di celah-celah batu, terus pasang timer. Hhhee :p

Gimana perjalanannya? Semoga cukup memberi pencerahan buat kalian yang sewaktu-waktu juga ingin mengunjungi air terjun ini. Yang terpenting di sepanjang perjalanan, kita harus sopan, jangan buang sampah sembarangan, dan oh ia, jangan lupa mampir ke warung yang ada di sana ya. Seperti Saya waktu itu, meskipun sebenarnya bawa minum, tapi “nikmat” banget nyeruput teh hangat sambil menikmati desiran angin dan melihat pemandangan yang indah. Apalagi si bapak warung waktu itu putar lagu dari hp-nya “Koyo ngene rasane wong nandang kangen, rino wengi atiku rasane peteng, tansah kelingan kepingin nyawang, sedelo wae uwis emoh tenan…”