OBYEK WISATA DI MAGELANG, DENGAN JARAK TEMPUH KURANG DARI 1 JAM PERJALANAN (START DARI DESA WANUREJO)

Masih bercerita tentang kampung halaman Saya, Desa Tingal Wanurejo, Borobudur. Saya ingin mengingatkan, ketika kalian sedang berkunjung ke Borobudur, jangan lupa sekalian mampir ke desa-desa wisata yang ada di sekitarnya, seperti Desa tingal, Candirejo atau Desa Tuksongo.

img_6130
Ini adalah papan informasi nama desa yang ada di sekitar Borobudur. Disetiap desa memiliki obyek wisatanya masing-masing.

Ingin merasakan sensasi berbeda saat berkeliling menikmati suasana pedesaan, kalian bisa menyewa Andong yang banyak tersedia di luar kompleks Candi Borobudur. Atau mau yang sedikit adventure, kalian bisa menyewa sepeda ontel, yang juga banyak di sewa di sekitaran Komplek candi.

file977
Bersepeda mengelilingi Desa Tingal. Paling enak bersepeda itu di pagi atau sore hari. Untuk sewa sepedanya sendiri, seharga 20 ribu per 12 jam. Penyewaan sepeda banyak di jumpai di sekitar area komplek Candi Borobudur.

Kali ini, Saya ingin memberi referensi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Desa Tingal, Wanurejo, Borobudur.

1.Balkondes Wanurejo

Yang terdekat dari Desa Tingal, adalah Balkondes Wanurejo (jaraknya sekitar 500 meter dari Desa Tingal). Balkondes ini merupakan sebuah bangunan berpendopo klasik. Berdiri di tengah-tengah sawah, dan dikelilingi Perbukitan Menoreh. Dari Balkondes Wanurejo ini kita juga bisa melihat Candi Borobudur.

IMG20171224084339
Joglo paling besar yang ada di Balkondes Wanurejo
IMG20171224083638
Hampir semua bangunan, bergaya Joglo klasik dengan pondasi kayu, genteng tanah liat dengan lis kayu berukir 
IMG20171223180506
Selain arsitekturnya, hampir semua Balkondes yang di bangun dikelilingi pemandangan indah, dengan panorama sunrise dan sunset yang indah.

Di sini kita bisa mencicipi menu-menu yang di tawarkan (mau makanan berat, atau cemilan). Tempat ini sering digunakan untuk kumpul keluarga, reuni, melakukan pentas seni, atau camping. Selain Balkondes Wanurejo, ada beberapa Balkondes lain yang tersebar di sekitar wilayah Borobudur, seperti Balkondes Tuksongo dan Balkondes Candirejo.

DSC_8631
Balkondes Wanurejo, terletak di belakang Makam Cikalan, dekat dengan Makam Petilasan BPH Tejo Kusuma “Puroloyo Cikalan”

Untuk melihat Balkondes lainnya yang ada di Borobudur dan sekitarnya, silahkan klik Instagram mereka masing-masing : Balkondes Tuksongo, Balkondes Candirejo , Balkondes Ngadiharjo,  Balkondes Bumiharjo,

2.Limanjawi Art House

Sebenarnya keberadaan Limanjawi Art House ini sudah ada lama. Jaraknya dari rumah bude Saya yang ada di Desa Tingal Kulon, Borobudur  itu sekitar 300 meter. Tapi baru 23 Desember 2017 kemarin, untuk pertama kalinya Saya mampir ke Art House ini.

IMG20171223183846
Suasana malam di salah satu sudut rumah Limanjawi

Rumah klasik dengan beragam karya lukis ini terletak di di Jalan Brojonalan, dengan pemandangan sawah, serta Pegunungan Menoreh.

File991
Ini Jalan Brojonalan, salah satu akses menuju ke Candi Pawon. Rumah yang ada di ujung jalan itu adalah Limanjawi Art House.

Waktu Saya kesini, sedang ada solo Art Exhibition karya Ekwan Marianto dengan judul pamerannya “Eternal Happiness”.

IMG20171223182655
Ruang pameran di Limanjawi Art House.
IMG20171223182916
Lukisan Ekwan Marianto dengan tema “Eternal Happiness” berkonsep unik dan khas dengan bentuk figur binatang, dan manusia dengan nuansa warna yang cerah ceria. Mengajak setiap pengunjung untuk tergelitik, tersenyum dan tertawa. 
IMG20171223184250
Selain hasil karya lukisan dan patungnya, yang menarik dari Limanjawi Art House ini adalah beberapa furniture klasiknya, seperti tegel lantai yang berwarna warni (masih asli) serta kusen pintu jadulnya.
IMG20171223182732
Dunia bahagia 🙂

3.Ketep Pass

Terakhir kali Saya ke Ketep Pass itu tahun 2011, dulu belum ada tulisan KETEP PASS (tulisan buat background foto yang hits di setiap obyek wisata). Banyak tempat duduk dan beberapa gazebo  untuk menikmati keindahan panorama Gunung Merapi dan Merbabu, sekaligus menikmati sejuknya udara di sini.

IMG20171222160420
Ketep Pass dengan background Gunung Merbabu
IMG20171222161506
Gunung Merbabu dengan padang savana-nya

Fasilitas yang ada di Ketep Pass selain Museum yang berisi informasi kegunungapian, khususnya Gunung Merapi,  kalian juga bisa lebih memvisualisasikan history Gunung Merapi dengan melihat videonya di Volcano Theatre. Menikmati panorama perkebunan hijau dengan bentang alam gunung yang gagah, sambil bersantai dan foto di Pelataran Panca Arga.

 

IMG20171222163248
Di Pelataran Panca Arga, kalian bisa melihat seluruh panorama yang ada di sekitar ketep Pass, karena plataran ini area tertinggi di Ketep Pass.
file1249
Mini bioskop yang ada di Ketep Pass
IMG20171222163843
Tetep we-fie dengan background Gunung Merbabu & Merapi
IMG20171222165254
Selain di Pelataran Panca Arga, ada satu area terbuka lagi yang cocok untuk kalian melihat panorama kedua gunung gagah ini. 
IMG20171222171436
Warung makan rapih berjejer dengan background Gunung Merbabu

Fasilitas lengkap lainnya seperti toilet, Mushola, warung makan, parkir luas, dan yang lebih penting pemandangan dan suasananya bisa memuaskan seluruh panca indra.

IMG20171222164406
Gunung Merapi dan Burung Garuda. Garuda adalah nama Puncak Merapi. Konon setiap pendaki, akan di bilang keren kalau sudah berfoto di Puncak Batu Garuda. Tapi Batu Garuda ini sudah hilang, saat Merapi erupsi di tahun 2010 
file1246
Puncak Garuda, karena batu itu seperti sayap Burung Garuda

Kalau dari Desa Tingal, waktu tempuhnya sekitar 1 jam berkendara. Patokannya, dari pertigaan Lampu Merah Palbapang, belok kiri ke Jalan Raya Magelang – Purworejo. Lalu belok kanan ke Jalan Blabak Mungkid. Untuk tiket masuknya sebesar 10 ribu per-orang dan untuk parkir mobil sebesar 5 ribu.

4.Mall Artos, Mertoyudan, Magelang

Waktu pulang kampung kemarin, Saya sempat bosen di rumah, karena main ke Sawah Jowahan udah. Ke Ketep Pass juga udah. Kulineran? masa makan terus! Saya lagi kepingin banget jalan-jalan ke Mall (mau ngabisin duit di atm #ORANGKAYA ) Hehe…

Mall di Magelang namanya “Artos”, jaraknya 1 jam berkendara dari Desa Tingal. Karena kemarin Saya naik mobil pribadi, Saya jadi agak bingung kalau mau ke mall ini naik angkutan. Soalnya transportasi online juga masih jarang di Borobudur. Alternatifnya, kalian harus ke Terminal Borobudur dulu untuk mencari angkutan. Akses jalannya sendiri seperti kalian mau ke Ketep Pass, hanya saja, kalian nggak perlu belok ke Jalan Mblabak-Mungkid, dari Jalan Magelang – Purworejo tinggal lurus aja, sampai ketemu lampu merah yang banyak percabangannya (posisi mall di sebelah kanan kalian).

5.Gunung Tidar dan Alun-Alun Magelang

Cukup unik tentang Gunung Tidar, karena terletak ditengah padatnya kota Magelang. Sekilas terlihat seperti taman kota, tapi bedanya pohonnya itu, pohon pinus yang tinggi, dan rapat (ya, sesuai dengan pohon pinus di pegunungan).

Sebenarnya Saya penasaran ingin mendaki sampai ke puncak gunung ini, tapi nggak sempat karena hari sudah sore. Saya dan sepupu lebih memilih untuk mengakhiri sore di Alun-alun Magelang.

IMG20171225175123
Alun alun Magelang dan Tugu Pangeran Diponegoro sedang menunggang kuda. Pada tugu itu terlihat Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke sebuah arah. 
IMG20171225173153
Banyak anak-anak, anak muda, keluarga, serta pedagang di alun alun ini. Hawa alun-alun ini sejuk, karena angin sejuknya terbawa dari Gunung Tidar.
IMG20171225175946
Pujasera yang ada di Alun-alun Magelang. Dari ujung-ke ujung, isinya gerobak jajanan semua. Mau makan berat, nyemil, makan es, semua jajanan ada. Harga masih terjangkau.

Untuk tempat wisata yang ada di Borobudur dan sekitarnya sepertinya sudah cukup sampai di sini dulu. Di next postingan, Saya mau kasih tau sebuah puncak bukit yang penuh dengan bunga.

IMG20171228051754
Bukit Kembang, Puncak Sari, Probolinggo

Di sana kita bisa melihat pemandangan terbuka secara 360 derajat. Akses ke bukit ini penuh perjuangan, karena Saya harus menempuh perjalanan 16 jam dari Magelang ke Kota Malang, lalu sempat nyasar di tengah perkebunan di Desa Wonokriti. Penasaran, bukit apa itu? Makanya tetap di tutursiska.com ya…

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s