Rushpacker-an ke Bali, Banyuwangi, dan Surabaya Dengan Cuti 3 Hari (Itinerary & List Budget)

Galaunya pekerja kantoran yang mau liburan, pasti di masalah menentukan lamanya cuti. Mau sekalian ngajuin banyak tapi nanti cepet abis, terus nggak enak juga sama si bos. Kalau ambil cutinya sedikit nanti nggak banyak tempat wisata yang bisa di eksplore.

Yahh, begitulah realita. Kalau Saya pribadi, Saya mengatasinya dengan terlebih dahulu menyusun rencana perjalanan (itinerary) setiap mau liburan, termaksud waktu Saya Rushpacker-an ke Bali, Banyuwangi dan Surabaya. Seperti apa itinerary-nya? Langsung aja di cek….

Kamis,

22.00 Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta (Jkt) – Bandara Ngurah Rai (Denpasar)

Tips Ke Bandara :

-Cari jadwal penerbangan paling malem (biar nggak nambah cuti)

-Berangkat ke Bandara paling telat pukul setengah 7 sore dari kantor masing-masing (inget macetnya Jakarta di jam pulang kantor. Daripada telat mending datang lebih awal)

-Kalau ragu naik mobil/taxi/damri ke bandara takut kejebak macet, naik ojek juga bisa. Tapi di pastiin bener-bener kalau abang ojeknya tau jalan ke Bandara. Kalau nggak tau, pakai Waze atau Google Maps.

-Lewat Daan Mogot (adalah rute tercepat kalo mau ke bandara naik motor). Jangan sampe ojek kalian nyasar sampai PIK (Pantai Indah Kapuk), terus nembus-nembus di Dadab Tanggerang, soalnya kalo nyasar sampai sana bakal muter-muter, jauh banget, bisa 3 jam sendiri perjalanannya!

Jumat,

01.00 Tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali, langsung menuju ke penginapan di Jalan Kartika Plaza, Gang Pudaksari, Kuta-Badung

01.30 Sampai di RaBaSTa Resort Kuta (bersih-bersih dulu sebelum tidur)

02.30 – 06.00 Selamat istirahat

07.00 – 08.00 Kalau mau jalan-jalan lihat situasi pagi di sekitar penginapan silahkan, sambil nunggu sarapan

08.00 Sarapan

09.00 Mandi

10.00 – 10.30 Cari penyewaan motor (sekalian cek out, titipin tas baju di receptionist. Jangan lupa diambil pas pulang dari jalan-jalan)

11.00 – 12.00 Otw ke Garuda Wisnu Kencana

12.00 – 13.00 Eksplore GWK

13.00 – … Susur pantai Selatan Bali mulai dari Waterblow, Pandawa, Green Bowl Beach, Melasti, Nyang Nyang, Uluwatu, Jimbaran, Dreamland, Balangan, Tegal Wangi, …

Tips Memilih Penginapan :

-Untuk masalah penginapan sebenarnya sih selera kalian masing-masing. Kalau liburan kemarin kan sebenarnya penginapan itu cuma Saya manfaatkan untuk taro barang dan tidur. Jadi kalau kalian memiliki mobilitas tinggi mending pilih penginapan yang murah.

-Cari penginapan yang include sarapan pagi (biar ngurang-ngurangin budget makan)

-Untuk hari pertama pilih penginapan yang dekat dengan bandara. Kalau masih bisa di akses dengan jalan kaki, jalan aja. Soalnya kalau naik taxi kadang-kan suka nggak sesuai antara jarak dan harganya.

-Berpindah pindah penginapan diperlukan, untuk semakin memudahkan kalian ke tempat wisata selanjutnya.

-Jangan malas packing. Biar nggak kepikiran, mending sekalian cek out, titip tas di receptionist, terus diambil pas balik jalan-jalan.

-Di hari terakhir, bisa juga tuh kalian coba tidur di hotel berbintang atau cari penginapan yang memiliki desain interior unik, lucu, menarik, beda, atau di penginapan yang punya the best view.

Sabtu,

00.00 Otw ke Gunung Batur lewat Ubud (berangkat dari penginapan kedua, Kusuma House. Sekalian cek out, titip tas di receptionist)

02.30  Sampai di Pos Pendakian Gunung Batur via Pura Jati Toya Bungkah

03.00 – 05.00 Start pendakian ke Puncak Gunung Batur

05.00 – 07.00 Sampai di puncak 1 (yang ada warung). Selamat menikmati sunrise yang terbit di sebelah jajaran Pegunungan Abang, Agung dan Danau Batur.

07.00 – 08.30 Perjalanan turun

08.30 Sudah kembali di pos Pura Jati Toya Bungkah. Yang mau cari makan silahkan cari makan, yang mau tidur dulu selonjorin kaki bisa tidur di pos, atau bisa juga istirahatnya sambil berendam air panas di Pemandian Air Panas Toya Devasya

08.30 – 08.45 Perjalanan menuju kolam air panas Toya Devasya

09.00 – 10.00 Relax-in tubuh sambil menikmati Danau Batur dan Gunung Abang

10.30 – 12.00 Perjalanan ke Desa Trunyan. Kalau kalian ke sini via Jalan Trunyan (menyusuri pinggiran danau) kalian cuma bisa sampai desanya saja, dan kalau mau ke pemakamannya kalian tetap harus menyeberangi Danau Batur menggunkana canoe (sekitar 15 menit mendayung).

12.00 – 13.00 Eksplore Pemakaman Desa Trunyan

13.00 – 14.30 Otw pulang ke Denpasar lewat Ubud, mampir sebentar ke Tegalalang Terrace

14.30 – 15.00 Enjoy Tegalalang

15.00 – … Selama di Ubud kalian bisa mampir ke The Blanco Renaissance Museum Bukit Campuhan, Monkey Forest, lihat-lihat toko souvenir dengan barang dan desain interior yang lucu, toko tas kulit dengan model yang nggak pasaran, di Ubud juga banyak Pura dan kafe.

Tips mendaki Gunung Batur :

-Sebelum mendaki kalian bisa menghubungi The Association of Mount Batur Trekking Guides di nomer 0366-52362

-Bawa jaket tebal, atau windbreaker, syal, masker, pakai sepatu, bawa sarung tangan, karena di sepanjang perjalanan itu pasti dingin banget.

-Tetap membawa senter dan jas hujan sendiri.

-Bawa makan, minum, obat pribadi, P3K (kebutuhan penting kalian yang lain)

-Setia kawan, jangan tinggalin teman. Kalau guide jalannya cepet, jangan sungkan untuk menegurnya dan menyuruh untuk jalan pelan-pelan. Kalau nggak suruh dia jalan di paling belakang.

-Biar suasana pendakian makin hangat, jangan malu untuk memulai pembicaraan.

-Kalau kalian naik lewat Pos Pendakian Pura Jati Toya Bungkah, di sana ada pos yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan (lumayan bisa tiduran, sebelum atau sesudah turun gunung)

-Pendakian lewat Pura Jati Toya Bungkah akan melintasi bekas-bekas aliran lahar yang menghitam (black lava), areanya gersang, pemandangan 360 drajat bisa kita lihat karena tidak terhalang pepohonan.

-Gimana jadinya kalau kalian bangun kesiangan tapi tetap mau ke Gunung Batur? Ada akses lain untuk menuju ke Puncak Batur, posnya dekat Pemandian Air Panas Toya Devasya. Jalur ini lebih sejuk kalau kita mendaki Gunung Batur di siang hari, karena kita akan melintasi hutan pegunungan.

Minggu,

08.00  Dari Grand Zuri (penginapan terakhir) Pesan UberCar ke Terminal Ubung, untuk ngejar bis ke Pelabuhan Gilimanuk

10.00 – 12.00 (perkiraan bis ngetem sekitar 1 jam) Perjalanan dari Denpasar – Gilimanuk

12.00 – 13.00 Penyeberangan Gilimanuk – Ketapang

13.00 – 14.00 Perjalanan dari Ketapang ke Rumah Singgah Banyuwangi

14.00 – 15.00 Istirahat sebentar di rumah singgah

15.00 – 16.00 Kalau nggak capek bisa lanjut ke Kawah Wurung atau Pantai Boom (sewa motor)

16.00 …. Eksplore Kawah Wurung/Pantai Boom, atau tempat wisata lainnya yang ada di sekitar Banyuwangi

Tips Melakukan Penyeberangan dari Denpasar ke Pelabuhan Ketapang :

-Terminal Ubung ada di Denpasar. Di terminal ini ada beragam jenis kendaraan yang melayani rute Pelabuhan Gilimanuk. Ada bis ukuran nanggung, bis besar, ada yang ac/non-ac.

-Cegat bis di pintu keluar terminal biar nggak nunggu bis yang lama ngetem (meskipun setelah keluar terminal, masih tetap ngetem)

-Kalau memang tujuan kalian ke Banyuwangi atau kota-kota di Jawa Timur, mending sekalian cari bis yang ke tujuan kota tersebut. Jadi kita nggak repot turun lagi di pelabuhan Gilimanuk, terus beli tiket kapal sendiri, naik ke ferry-nya sendiri, turun keluar Pelabuhan Ketapang sendiri. Kalau naik bis yang jurusan Jawa Timur, kita tinggal duduk anteng dari masuk sampai keluar pelabuhan.

Senin,

07.00 – 13.00  Perjalanan kereta dari St.Karangasem – St.Surabaya Gubeng

13.00 sampai stasiun bisa istirahat sebentar sambil pesen UberCar ke House of Sampoerna

13.00 – 13.45 Perjalanan dari stasiun ke House of Sampoerna

13.45 – 14.30 Eksplore House of Sampoerna

14.30 – 15.30 Otw ke Pantai Ria Kenjeran

15.30 – 16.30 Eksplore Pantai Ria Kenjeran

16.30 – 18.00 Perjalanan ke Bandara Internasional Juanda

18.30 – Cek in

21.00  Takeoff Bandara Internasional Juanda (Sby) – Bandara Soekarno Hatta (Jkt)

Note :

-Stasiun Karangasem adalah stasiun sebelum stasiun terakhir Banyuwangi (stasiun terakhir yang dekat dengan Pelabuhan Ketapang).

-Di dekat Stasiun Karangasem ada Rumah Singgah Banyuwangi yang sangat ramai di penuhi pelancong. Kebanyakan dari mereka akan menginap di tempat ini sebelum mengeksplore Kawah Ijen, Gunung Raung, Pantai Boom, Kawah Wurung, atau tempat wisata lainnya yang ada di Banyuwangi.

-Setelah sampai Stasiun Surabaya Gubeng, ternyata angkutan umum untuk menuju House of Sampoerna, Pantai Ria Kenjeran agak susah (jarang), makadari itu UberCar sangat kami andalkan sewaktu keliling di Surabaya

Selasa,

Karena masih cuti, kalian bisa leha-leha dulu, upload foto-foto, share catper di blog, atau malah udah mulai hunting tempat-tempat wisata lainnya? Semoga kalian terinspirasi, dan selamat menciptakan dunia versinya kamuu…

Rincian Biaya :

Pesawat Airasia Soeta-Ngurah Rai 550k

Ongkos Ojek (pake nyasar) 150k

Penginapan 1 RaBaSTa Resort Kuta (include breakfast) 160k

Sewa motor per hari 60k x 3 Hari

Isi bensin (full) 35k x 3 Hari

GWK 70k

Parkir motor GWK 5k

Penginapan 2 Kusuma House 106k (exclude breakfast)

Guide Gunung Batur 300k

The Blanco Renaissance Museum 30k

Penginapan 3 Grand Zuri 303k

UberCar dari Kuta ke Terminal Ubung 35k

Bis Margahayu Ladju Denpasar – Jember 70k

Rumah Singgah Banyuwangi – Gratis

Tiket kereta St.Karangasem – St. Surabaya Gubeng 88k (Dapet potongan 20k dari promo ultah  tiket.com

UberCar dari St. Surabaya Gubeng ke House of Sampoerna 25k

UberCar dari House of Sampoerna ke Pantai Ria Kenjeran 35k

Tiket masuk Pantai Ria Kenjeran 15k/orang, mobil 10k

UberCar dari Pantai Ria Kenjeran ke Bandara Internasional Juanda 110k

Budget makan selama 4 hari 300k

Budget oleh-oleh 200k

Pesawat Citylink Juanda-Soeta 466.500

Note :

-Tiket berendam di Pemandian Air Panas Toya Devasya sebesar 60k

-Kalau mau ke Desa Trunyan harus sewa guide, dengan range harga 250-400 (harus pintar-pintar nawar) pastiin kalau harga terakhir yang kalian dapat sudah termaksud biaya canoe nyeberang danau, tiket masuk Pemakaman Trunyan, dan harga guidenya itu sendiri

 

Iklan

2 Comments Add yours

  1. diteraskata berkata:

    Wah lengkap banget infonya! Bisa jadi panduan nih kalau mau jalan-jalan singkat.

    Suka

    1. Terima kasih. Silahkan di coba dan jgn lupa di tunggu ceritanya ya 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s