THE PARADISE ISLAND OF BALI – POHON TARU MENYAN DI DESA TRUNYAN

Keharuman Pohon Taru Menyan yang tercium sampai ke Pulau Jawa berhasil membuat putra dalem Solo melakukan perjalanan untuk menemukan sumber wangi yang telah di ciumnya. Dan kini, pohon yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya itu masih mengeluarkan bau harum yang bisa menetralisir bau jenazah yang ada di sekitarnya.

Bali, pulau yang terletak di sebelah Timur Pulau Jawa merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam yang berpadu serasi antara seni, budaya dan tradisi membuat pulau ini memiliki ciri khas dan selalu meninggalkan kesan ke setiap pengunjungnya.

800px-Bali_regions_map
http://wikitravel.org/en/File:Bali_regions_map.png

Dari sekian banyak tempat wisata yang ditawarkan Pulau Bali, Saya sangat penasaran dengan salah satu desa yang berada di pesisir Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Ya, Desa Trunyan. Desa ini adalah desa tertua yang dihuni oleh Suku Bali Aga atau Bali Mula yang masih memegang teguh kepercayaan leluhurnya, dan merupakan suku bangsa pertama yang mendiami Pulau Bali. Untuk sampai ke Desa Trunyan bisa diakses melalui jalur darat atau menyeberangi Danau Batur menggunakan perahu motor.

trunyan1.jpg
https://kevinabali.wordpress.com/2011/02/22/tradisi-masyarakat-desa-trunyan/

Terdapat tradisi pemakaman yang unik di Desa Trunyan, dimana jenazah orang meninggal hanya di letakkan di permukaan tanah yang telah digali sedalam 10-20 cm lalu jenazah tersebut ditutup menggunakan kain putih dan diberi tanda menggunakan anyaman bambu berbentuk prisma yang disebut Ancak Saji, tradisi pemakaman ini bernama Mepasah.

kuburan_ala_trunyan1
https://kevinabali.wordpress.com/2011/02/22/tradisi-masyarakat-desa-trunyan/

Tidak semua jenazah bisa mengikuti tradisi Mepasah, Karena hanya pada kondisi tertentu saja jenazah dapat dimakamkan seperti ini. Syarat jenazah yang dapat dimakamkan seperti itu adalah mereka yang pada waktu meninggal orang-orang yang telah berumahtangga, masih bujang, anak kecil yang gigi susunya telah tanggal, orang-orang yang meninggal dalam keadaan wajar dan tidak terdapat luka yang belum sembuh, memiliki bagian tubuh yang lengkap. Jika tidak memenuhi semua syarat tersebut jenazah akan disemayamkan dengan cara di kubur.

170743_img3568.jpg
http://travel.detik.com/read/2013/01/14/170614/2141775/1383/kisah-di-balik-tengkorak-tengkorak-desa-trunyan

Tentu saja yang membuat menarik dan penasaran dari tradisi ini adalah peran utama dari si Pohon Taru Menyan yang merupakan cikal bakal nama Desa Trunyan. Pohon yang dikisahkan bau harumnya sampai ke Pulau Jawa ini masih mengeluarkan aroma wangi yang bisa menetralisir bau jenazah yang ada di sekitarnya. Makadari itu ketika kalian mengunjungi makam ini kalian tidak akan mencium bau apapun.

Kemampuan Pohon Taru Menyan untuk menetralisir bau jenazah juga sangat terbatas, makadari itu di pemakaman ini hanya membolehkan maksimal 11 jenazah yang telah diatur oleh kepercayaan adat setempat. Saya tidak menemui banyak informasi mengenai pohon ini, di benak Saya pun ada beberapa pertanyaan yang terlintas, bagaimana jika pohon ini mati, apakah tradisi Pemakaman Mepasah tetap berlangsung tanpa Pohon Taru Menyan?

Indonesia adalah negeri yang kaya, keindahan alamnya tersebar dari Barat ke Timur. Sebagai anak muda yang memiliki semangat positif, sudah selayaknya kita mencintai dan menghargai semua anugerah Tuhan yang di tumpahkan ke Bumi Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menulis segala hal yang kalian cintai tentang Indonesia. Kecintaan Saya terhadap Indonesia bisa terlihat dari tulisan tulisan saya di blog http://www.tutursiska.com

Cara penulisan yang bertutur, informatif, didukung foto yang sesuai dengan cerita, tulisan dibuat bukan semata-mata ingin ‘menunjukkan diri’ tetapi lebih dari itu semua bahwa tulisan Saya ini memiliki semangat positif anak muda yang sangat mencintai negaranya. Indonesia adalah rumah yang harus dibanggakan dan di jaga sampai mati.

Tulisan ini Saya ikutsertakan dalam lomba menulis dalam Program Explore Indonesia with Airport.id #AirportID #ExploreBali dengan tema The Paradise Island of Bali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s