MENCARI JEJAK KAYU WANGI DI TANA HUMBA

300x250.jpg

Terlahir di Indonesia merupakan salah satu hal yang paling disyukuri dalam hidup. Indonesia yang dikenal sebagai zamrud khatulistiwa memiliki keindahan alam yang nggak kalah eksotik dibanding negara lain. Siapa yang tidak tergiur untuk mengenal Indonesia lebih dalam, karena kekayaan alam, adat, dan bahasa, tersebar luas dari Sabang sampai Merauke.

peta_indonesia.png
http://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Sebut saja Bali, yang terkenal sebagai tujuan pariwisata dunia dengan keunikan berbagai hasil seni dan budaya.

lot2.jpg
http://candranusa.blogspot.co.id/2013_04_01_archive.html

Di Banyuwangi, tepatnya di Kawah ijen terdapat fenomena Blue Fire yang cuma ada dua di dunia.

gunung-ijen-blue-fire-1-752x440.jpg
http://www.bromotravelindo.com/pesona-blue-fire-ijen/

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki salju di Puncak Jaya, Papua.

582385.jpg
http://www.summitpost.org/puncak-jaya-and-surrounding-mountains/580755

Ternate Tidore terkenal sebagai penghasil rempah rempah, dan di Tidore terdapat Pohon Cengkeh tertua di dunia.

img_cs_may2010
http://v2.garudamagazine.com/coverstory.php?id=44
afo_feat-1100x500.jpg
http://geospotter.org/1341/ternate-ziarah-ke-pohon-cengkeh-tertua-di-dunia

Di tanah Sumba yang tandus ternyata tumbuh pohon termahal, yaitu Pohon Cendana.

cendana.jpg
http://kertabaya.blogspot.co.id/2013/04/01a-sekilas-tentang-pohon-cendana-wangi.html

Mendengar kata ‘Cendana’ yang terlintas pertama kali dibenak Saya adalah sesuatu yang berkaitan dengan presiden kedua, Ir. Soeharto. Selain itu kesan yang didapat begitu mendengar ‘Cendana’ adalah berkelas, langka, mahal, harum, dan kuat (awet). Namun begitu Saya searching (mencari tahu) ternyata diawal kehidupannya, Cendana adalah tumbuhan parasit dimana kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena per-akarannya sendiri tidak sanggup untuk mendukung kehidupannya.

Hal lain yang baru Saya tahu ternyata kualitas minyak yang dihasilkan dari Pohon Cendana di Pulau Sumba lebih bagus dibanding yang ditanam di Pulau Jawa atau yang dibudidayakan di Australia, karena itu Saya ingin sekali ke Kabupaten Sumba Timur melihat tanaman khas Nusantara di habitat awalnya yang sudah sangat langka.

Khasiat-dan-Manfaat-Kayu-Cendana-untuk-Kesehatan.jpg
http://www.wanitakita.com/post/read/2446/khasiat-dan-manfaat-kayu-cendana-untuk-kesehatan.html

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Indonesia bagian tengah yang masuk dalam gugusan Kepulauan Nusa Tenggara dan bagian dari Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Pulau Sumba sendiri dibagi menjadi empat kabupaten, Sumba Timur Ibukotanya Waingapu, Sumba Barat Ibukotanya Waikabubak, Sumba Tengah Ibukotanya Waibakul, Sumba Baratdaya Ibukotanya Waitabula.

sumbamap.gif
http://www.sumbatimurkab.go.id/kondisi-geografi.html

Hal yang membuat saya jatuh cinta dan ingin ke Sumba selain ingin melihat habitat awal Pohon Cendana, Saya ingin melihat Kuda Kuda Sandel berlarian di tengah padang savana nan luas yang berbatasan langsung dengan putihnya pasir pantai. Ternyata nama Kuda Sandel atau lengkapnya Kuda Sandalwood Pony diambil dari nama Cendana (Sandalwood) yang pada masa lampau Pohon Cendana merupakan komoditi unggulan di Pulau Sumba.

32679-img_3770.jpg
https://sultanfattah.wordpress.com/2015/07/04/sumba-my-island/

Saya juga tertarik dengan rumah adat mereka yang memiliki bentuk atap tinggi lancip serupa dengan menara, yang memiliki tiga bagian (bawah, tengah, atas) yang mencerminkan simbol alam bagi pandangan Suku Sumba, yakni alam bawah (tempat arwah), alam tengah (tempat manusia), dan alam atas (tempat para dewa). Di Kampung Raja Prailiu yang terletak di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, sekitar 2KM dari Kota Waingapu Saya bisa melihat arsitek rumah Sumba, menyaksikan tarian tradisional, serta kuburan megalitik.

rmh adt1
http://www.sumbatimurkab.go.id/wisata-budaya.html

 

kampung raja prailiu.jpg
http://www.sumbatimurkab.go.id/wisata-budaya.html
epb200801.jpg
https://dians999.files.wordpress.com/2011/06/epb200801.jpg

Sumba juga terkenal dengan Situs Megalitikumnya (makam megalitik). Situs ini banyak ditemukan di jalan, halaman rumah atau di setiap perkampungan adatnya. Kubur Batu Megalitik merupakan warisan leluhur yang melambangkan kebanggan atau kebesaran orang Sumba. Suasana kehidupan peradaban masa lampau leluhur masyarakat Sumba bisa Saya rasakan jika Saya mengunjungi Kampung Prainatang yang terletak di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, sekitar 20KM dari Kota Waingapu.

kampung praikanatang.jpg
http://www.sumbatimurkab.go.id/wisata-budaya.html

Tenun Hinggi Kombu yang termahsyur ke pelosok negeri ada di Kampung Kaliuda berada disekitar 120KM ke arah timur dari pusat Kota Waingapu. Tenun di kampung ini menggunakan bahan dan pewarna alami. Filosofi hidup masyarakat Sumba tersirat jelas dalam beragam corak yang diwakili gambar kuda, ayam, udang, burung, yang memiliki arti masing-masing.

kmpng kaliuda.jpg
http://www.sumbatimurkab.go.id/wisata-budaya.html

Duduk di tengah padang, melihat gagahnya Kuda Sandel di antara savana, dengan semilir angin yang membawa samar aroma harum sandalwood, sungguh terasa menenangkan dan menyegarkan. Ya, dahulu Sumba memang disebut sebagai pulau yang harum akan cendana, jika ditambah dengan keindahan alamnya, ia sangat cantik bagai seorang putri Rambu Humba di Tana Humba.

20080924071906k2.jpg
http://www.sumbatimurkab.go.id/potensi-unggulan/

Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition #MyExoticVacation Pesona Vitalis

728x90.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s