JALAN SANTAI KE HUTAN MANGROVE UJUNG JAKARTA

Gw termaksud orang yang suka banget ke mana-mana naik kereta.

Dan udah lama juga janjian sama teman untuk pergi ke Taman Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Ternyata aksesnya nggak serumit yang dibayangkan, cuma jauhnya itu loh . Hhee…tapi, karena bisa di akses menggunakan commuterline & transjakarta, gw jadi nggak khawatir.

Modal searching bagaimana akses untuk ke sana, akhirnya kami berangkat pagi-pagi agar sampai di taman wisata mangrove pantai indah kapuk, tidak terlalu siang.

Janjian di kereta jam 9, ternyata sampai lokasinya siang-siang juga. Hampir jam 12 kita sampai di sana. Yang buat lama adalah menunggu transjakarta jurusan Pluit dari Halte Kota.

Udah gitu, pas turun di Halte Pluit, kita sempet salah naik angkot b01, jadinya muter lagi, setelah ngasih tau jurusan kita ke supir, si abang ngasih tau kalau kita harus nyambung angkot u11.

Kita di turunin dekat angkot u11 yang lagi ngetem. Begitu kami masuk, angkot jadi penuh & supir langsung menjalankan mobilnya. Siang itu cuaca sangat panas. Jadi mikir bagaimana situasi di hutan mangrove di siang bolong.

Akses berangkat : naik kereta sampai stasiun Jakarta Kota – jalan ke arah Halte Transjakarta Kota – tunggu transjakarta yang ke arah ke Pluit – dari Halte Pluit naik u11 (bilang ke supir mau ke taman mangrove) patokannya kalau udah ketemu Sekolah Budha Tzu Chi, berarti sudah mau sampai. Pintu masuknya ada di sebelah sekolahan ini.

Angkot u11 melintasi jembatan lebar, kemudian masuk ke komplek perumahan Pantai Indah Kapuk. Wow…besar banget ya kompleks perumahan ini. Setelah bertanya ke penumpang & minta tolong ke supirnya, mendekati tempat tujuan kami di turunkan di pinggir jalan, dekat gerbang perumahan.

Saat searching, gw ingat kalau letak pintu masuk taman wisata mangrove itu dekat Sekolah Budha Tzu Chi yang besar banget. Kami percaya diri aja, kami terus berjalan di bawah rindangnya pepohonan.

Nggak lama, Sekolah Budha Tzu Chi terlihat di sisi kanan kami. Gw dan teman yang lain takjub melihat sekolah ini. Gw serasa lagi di Taiwan. Lihat bentuk bangunan sekolahnya besar banget, ornamen-ornamennya detail.

Meneruskan jalan lagi, akhirnya kami sampai di pertigaan. Di ujung jalan, kami sudah melihat tumbuhan mangrove, terus melihat baliho Wisata Hutan Mangrove. Setelah belok kanan, sekitar 100m, kami melihat pintu masuk hutan mangrove.

Rindangnya pepohonan begitu terasa saat kami masuk & membeli tiket. (tiket masuknya sebesar 25ribu). Di sebelah kiri dari pembelian tiket, ada jembatan kayu yang membawa masuk ke dalam hutan mangrove. Mau masuk tapi ada tanda di larang masuk. Terus melihat jembatan kayu lagi, jembatan kali ini akan membawa kalian ke mushola yang adem banget, karena letaknya di tengah tengah hutan mangrove.

Tapi begitu jalan sampai ke area parkir, panas langusng menyeregap. Di situ ada pos pemeriksaan. Setiap pengunjung harus membuka tasnya, dan diperiksa satu per satu.

Ada papan larangan membawa makanan & pemberitahuan bagi yang membawa kamera DSLR harus membayar 1jt.

Setelah di periksa, kami berbelok ke kanan, di sana rindangnya pepohonan kembali kami rasakan.

Taman mangrove ini luas banget. Kalau mau jalan siang-siang jangan lupa bawa topi. Pakai baju yang nyaman dan menyerap keringat. Sama jangan lupa bawa banyak air minum.

DSC_0269[1]

IMG_20150322_144528[1]

Terus karena nggak boleh bawa makanan, sebelum ke tempat ini harus makan yang banyak dulu. Kalau lagi jalan terus perut keroncongan, kan jadi nggak nyaman. Di sini sih ada kantin, cuma harganya lumayan mahal.

Kalo mau, bawa makanan pengganjal aja, roti atau cokelat. Terus ingat, kalau mau buang sampah di tempat sampah ya. Mungkin ini juga alasannya kenapa pengunjung nggak boleh bawa makanan, karena takut pengunjung pada buang sampah sembarangan dan ngotorin hutan mangrove.

Jpeg

Semakin sore, anginnya semakin semilir. Bagi yang suka foto, bagus tuh lihat pendaran matahari sore yang menembus sela-sela pohon mangrove.

Kalau kita sih waktu itu, sekitar jam 3 udah pulang, karena perut udah laper banget, persediaan air minum juga menipis.

IMG_20150322_144544[1]

Perjalanan pulang : keluar, kearah depan Sekolahan Tzu Chi, tunggu angkot u11 yang akan langsung mengantar sampai ke Halte Transjakarta Pluit – Halte Transjakarta Kota.

Begitu sampai Kota, kalian bisa santai-santai dulu di Kota Tua, hunting-hunting makanan karena di sini banyak banget makanannya, sambil nunggu kereta agak lenggang.