PESAN CINTA DARI TEGAL ALUN – PAPANDAYAN

Target : Gunung Papandayan : Pondok Saladah – Tegal Alun – Hutan Mati

Lokasi : Garut, Kecamatan Cisurupan, Jawa Barat

Akses : Terminal Kampung Rambutan – Terminal Guntur – Cisurupan – Camp David

Lama perjalanan : 6 jam (Jakarta-Terminal Guntur Garut)

Waktu perjalanan : malam hari

Jumlah hari : 3 (Jumat, Sabtu, Minggu)

Peserta : 7 orang (5 perempuan, 2 cowok)

Speed tracking : Santai

Jumat, 19.00-20.00 Meeting Point Terminal Kampung Rambutan.

Kalau nggak cuti, izin pulang cepat adalah cara aman untuk para pekerja yang mulai nge-tripnya di hari Jumat. Kalau kalian harus menuju meeting point terlebih dahulu, pastikan perkiraan waktu tempuhnya. Nggak maukan rencana trip batal karena keterlambatan yang disebabkan oleh hal-hal tak terduga.

Kejadian ini hampir menimpa gw, waktu itu ada satu teman yang terjebak macet karena memang kantornya itu di daerah yang mau lewat mana aja macet. Akhirnya dia baru datang jam 9. Begitu dia sampai, kita langsung naik bis yang sisa bangkunya pas banget untuk kita berlima.

Sabtu, 03.00 menunggu di Mushola Pombensin

WP_20140308_05_41_01_Pro

Mulanya teman gw ragu, kita turun di terminal atau di pom bensin ini. Karena hampir semua pendaki yang se-bis turunnya di sini, dan memilih untuk istirahat di pombensin yang ada mushola-nya.

Setelah menimbang akhirnya kami ikut turun bersama mereka. Jadi waktu itu kita berangkat terpisah dengan tim cowok. Mereka baru sampai jam 5. Pilihan untuk menunggu dan istirahat di sini tepat, karena kalau kita turun di terminal entah di sana ada tempat senyaman ini nggak untuk menunggu.

Pagi itu hujan turun, udara semakin bertambah dingin. Di pelataran mushola, kami berlima duduk berjejer menunggu pagi datang.

Sabtu, 06.00 Menuju Terminal & Sewa Angkot sampai Cisurupan

WP_20140308_05_42_09_Pro

Sesuai janji, jam 5 cowok-cowok itu datang. Kami semua sudah bangun karena sebagian besar teman gw melaksanakan shalat subuh di masjid ini.

Setelah sarapan sederhana dengan telor ceplok di warteg seberang, dan membeli beberapa bekal di Alfamart (di sebelah warteg), kami menunggu angkot kecil yang akan membawa kami ke terminal.

Di perjalanan gw melihat Gunung Guntur dan Cikurai. Mereka berdiri dengan kokohnya dan tampak indah di pandang dengan kabut tipis menyelimuti mereka.

WP_20140308_004

Di terminal kami menyewa 1 angkot untuk mengedrop kami sampai Cisurupan. Disepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan persawahan dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. Sering sering deh menghirup nafas dalam-dalam, karena udaranya tuh seger banget. Apalagi saat mengenai wajah. Mata yang ngantuk langsung melek.

WP_20140308_012

WP_20140308_011

Jalan beraspal ini mulai meliuk liuk. Pak supir sungguh pandai membawa kendaraannya. Padahal di dashbord ada 1 gelas kopi, tapi gelas itu tidak jatuh/tumpah selama mengantar kami ke Cisurupan.

Sabtu, 07.00 Sampai Cisurupan, Belanja Konsumsi & Mengecek Kelengkapan Pendakian

WP_20140308_017

Ini dia salah satu pintu masuk ke Gunung Papandayan. Gerbang masuk bertuliskan “Kawasan Agropolitan, Kec. Cisurupan, kab. Garut” ini letaknya dekat pasar. Jadi kalian nggak perlu repot beli konsumsi di Jakarta, karena bisa beli di sini.

Sabtu, 08.00 Perjalanan Menuju Camp David

10004050_10201796849864916_974169013_n

Langkah selanjutnya adalah kita harus naik mobil bak terbuka untuk sampai di Camp David. Kalau rombongan kalian terlalu sedikit untuk menyewa 1 mobil, kalian bisa gabung di rombongan yang lain. Seperti biasa, semakin banyak yang ikut harga sewa per mobilnya jadi lebih murah.

Nah, kondisi jalan menuju ke Camp David ada yang mulus, ada juga yang rusak parah. (sekarang nggak tau ya, sudah bagus apa belum jalannya). Karena jalan ini di aspal, jadi mungkin karena sering dilewati atau di guyur hujan, aspalnya jadi pada copot, berongga gitu, bolong-bolong, rusak deh intinya. Nahhh….nggak enaknya itu kalau kita duduk di belakang, guncangannya akan terasa banget. Bikin pegel.

Untung pemandangan selama ke Camp David bagus, kita bisa melihat penduduk lokal yang sedang berladang. Lihat anak-anak sekolah. Perkebunan. Menikmati suara alam. Terlihat juga Kota Garut dari ketinggian dan Gunung Cikurai dengan guratan-guratannya.

08.30 Sampai Camp David. Istirahat, Sarapan, Pengecekan Perlengkapan sebelum Tracking.

WP_20140308_08_34_28_Panorama

WP_20140308_022

Melewati pos registrasi dan bayar uang masuk, kami langsung istirahat di sebuah warung yang letaknya di pojokkan. Beli nasi goreng, ternyata 1 porsinya itu banyak banget. Daripada mubasir di buang, mending di bungkus lagi dan kita bawa naik untuk jaga-jaga.

09.30 Camp David – Kawah Papandayan – Batas Vegetasi – Gerbang Angin – Pondok Saladah

WP_20140308_036

WP_20140308_044

Kalau gw pribadi, gw lebih suka pakai sepatu gunung untuk melewati track Papandayan. Di rute pertama, sampai di Kawah Papandayan, kalian akan melewati track berbatu. Cukup merepotkan ya, soalnya kalau tidak pintar memilih pijakan, kita bisa terpeleset/keseleon atau batu itu bisa longsor.

WP_20140308_069

WP_20140308_079

Mendekati Kawah Papandayan, kita harus menyiapkan masker karena bau belerangnya sungguh menyengat. Buat kalian yang mudah pusing, sesak nafas atau alergi terhadap asap apapun, tipsnya, basahi kain, lalu tutupi hidung menggunakan kain/syal/buff yang basah. Asap belerang pasti tidak terlalu menyengat kalau kita menutup hidung menggunakan kain basah.

WP_20140308_097

WP_20140308_115

Setelah sampai di Puncak Kawah Papandayan, kalian akan melihat perbedaan vegetasi. Mulai dari sini kalian akan memasuki wilayah hutan Papandayan sampai ke Gerbang Angin.

WP_20140308_121

WP_20140308_128

Setelah menyeberang sungai ini, ada dua jalur yang bisa kalian lewati untuk sampai ke Gerbang Angin. Pertama lewat jalur sepeda, kedua potong jalur melewati punggungan gunung. Kondisi track sama saja, sama sama nenanjak dengan kondisi tanah merah.

WP_20140308_132

WP_20140308_142

Dari Gerbang Angin ke Pondok Saladah tidak terlalu jauh. Mengikuti jalur berbatu, kalian akan menemukan jalan berbelok. Jalan ini akan membawa kalian ke berbagai destinasi, mau ke Pondok Saladah, Pengalengan atau Tegal Alun.

WP_20140308_144

Hujan sempat mewarnai perjalanan ini. Untung saja kami sudah berada di sebuah warung. Meskipun kecil, warung itu cukup hangat karena ada kompor kayu di dalamnya. Kami bisa numpang menghangatkan badan sekalian.

WP_20140308_156

Cuaca dingin bisa buat perut keroncongan. Untung masih ada nasi goreng yang tadi di bungkus. Kami lantas makan nasi goreng itu sama-sama.

Hujan masih rintik-rintik. Menghemat waktu, kami disuruh memakai jas hujan dan melanjutkan perjalanan ke Pondok Saladah.

WP_20140308_159

Total 3,5 jam perjalanan dari Camp David menuju Pondok Saladah. Sore harinya hujan deras turun. Tenda kami tergenang air karena kita nggak buat parit keliling. Untungnya malam harinya cerah. Gw bisa melihat bintang bersinar terang dari Puncak Tegal Alun.

Sambil sesi curhat, gw bisa memandangi mereka dari dalam tenda. Mereka tampak begitu terang, bersinar di gelapnya malam.

Minggu, 08.00 Tegal Alun – Hutan Mati

Dimulai dengan sarapan, dan mengemasi barang-barang (taruh di dalam tenda dulu), kami melanjutkan perjalanan ke Tegal Alun melewati kubangan babi & jalur spiderman. Sesuai namanya, kalau lewat sini kita akan jalan merangkak, karena harus memanjat batu-batu besar. Track-nya bikin deg-degan. Tapi jadi cepet sampai sih.

WP_20140309_003

WP_20140309_006

WP_20140309_009

Pondok Saladah di lihat dari ketinggian. Kecil ya ternyata.

WP_20140309_012

WP_20140309_011

WP_20140309_021

WP_20140309_034

WP_20140309_050

WP_20140309_053

WP_20140309_10_56_20_Panorama

Pesan cinta dari Tegal Alun. (rumput yang membentuk hati)

WP_20140309_059

WP_20140309_092

WP_20140309_098

Dan, kami bersiap untuk pulang. Kembali ke rumah dengan energi yang baru. Eitss…sampah jangan lupa di bawa turun ya dan matikan api sebelum pergi.