WISATA KAMPUNG HALAMAN #1 : DESA TINGAL-WANUREJO-BOROBUDUR

Hai…pleasure seekers. Buat kalian yang udah pada kangen banget sama kampung halamannya, gw ingin berbagi cerita nih tentang kampung halaman gw. Meskipun gw nggak lahir di sana, tapi keluarga besar gw memiliki banyak cerita di tanah kelahirannya. Cerita inilah yang ingin di turunkan kepada anak cucunya.

File1076

Desa Tingal merupakan desa wisata terutama bidang budaya dan kesenian, yang berada di Kelurahan Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Jawa Tengah.

File808

Terdapat tradisi yang sampai sekarang masih dijalankan bagi para perantau, khususnya warga Tingal Wanurejo sendiri sebagai sarana untuk berkumpul. Para perantau dan masyarakat Tingal Wanurejo menanfaatkan tradisi nyadran, yaitu untuk mengenang dan mengunjungi makam leluhur atau keluarga yang diadakan setiap minggu ketiga di bulan ruwah (bulan sebelum memasuki bulan puasa).

File995

File1001

File1004

Makam Cikalan yang terletak di kaki Pegunungan Menoreh, Desa Tingal, merupakan makam keluarga besar gw, (mbah Prawoto dan Sudarsono), dan di komplek tersebut terdapat makam Kiyai Wanu, yang merupakan tetua atau leluhur desa yang menjadi cikal bakal Desa Wanurejo.

Wisata kesenian yang bisa kita nikmati di desa ini adalah jatilan atau kuda lumping, ketoprak, gatloco, wayang kulit, yang kesemuanya dipusatkan di Sanggar Joyowiyatan, dimana karawitan gamelan wayang selalu terpasang di sanggar tersebut.

IMG_2750

IMG_2767

File1048

File1147

Desa yang terletak tidak jauh dari situs warisan dunia ini mendatangkan banyak keuntungan bagi warga sekitar, terbukti dengan maraknya jasa penyewaan kamar atau homestay dan wisata kulinernya. Hal tersebut tentu saja membawa dampak positif terhadap warga sekitar, selain menambah pemasukan, hal ini bisa membuka lapangan pekerjaan, dan tentu saja ikut memajukan industri pariwisata.

Salah satu homestay yang ada di desa tingal adalah Homestay Ciboeng yang terletak di Tingal Kulon, milik Pak Wahyu Cipto (ini adalah homestay pakde gw. Keluarga gw banyak yang tinggal di sini, nggak jarang kamar di rumah mereka juga sering di sewaan untuk tamu. Biasanya yang ramai itu saat Waisak. Kalau kalian punya rencana main ke daerah ini dan bingung nginepnya di mana, bisa hubungin gw melalui blog ini. Nanti bisa gw bantu untuk masalah penginapannya.

IMG_6601

IMG_6595

IMG_6596

Desa Tingal juga miliki beragam kuliner khas yang bisa dinikmati, beberapa diantaranya adalah keripik singkong (gaya baru) di rumah Ibu Rohmin, Rengginan, Nogosari dan Kembang Goyang olahan Ibu Ninil Suyanto. Kue Clorot Bapak Rubadi, kupat tahu di rumah Bapak Sukur, dan banyak aneka cemilan yang diproduksi rumahan untuk dijadikan oleh oleh. Selain wisata kuliner, industri kerajinan tangan juga banyak di desa ini.

Kalau habis jalan jalan terus ngerasain pegal pegal atau punya saudara yang lagi stroke, kalian bisa mampir ke rumah pakde gw, Bapak Triluito, dia terkenal dengan pijat refleksi spesialis stroke. Pasiennya tidak hanya berasal dari Desa Tingal sendiri, dari luar kota juga banyak berdatangan ke rumah Bapak Tri.

Radius satu kilometer dari Desa Tingal, terdapat Candi Pawon yang terletak di Desa Brojonalan. Candi ini terletak tepat di sumbu garis lurus  yang menghubungkan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Lokasinya sekitar 1150 m kearah barat dari Candi Mendut dan 1750 m kearah timur Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan. Candi ini didirikan jaman Dinasti Saylendra pada abad ke-9. Konon di sekitar candi terdapat danau atau rawa yang kini masih bisa kita temui bekas keberadaannya. Peninggalan tersebut dapat kita temui di sebelah lereng candi, dimana terdapat sebuah desa dengan nama Desa Brangrowo (bahasa jawa). Terdapat sumber mata air yang digunakan untuk mengairi sawah yang ada di sekitar candi, terutama untuk mengairi di wilayah selatan Borobudur.

File1323

File55

File1326

Saat mengunjungi candi ini, wisatawan diwajibkan menggunakan kain batik dan dilarang membawa makanan ke atas candi. Hal tersebut merupakan upaya memperkenalkan dan pelestarian batik, serta pencegahan pelapukan batuan candi yang diakibatkan oleh berkembangnya lumut akibat remah-remah makanan yang dibawa pengunjung, serta faktor lain yang mempercepat proses pelapukan.

Borobudur dikelilingi oleh pemandangan yang memanjakan mata. Di sebelah timur sampai barat terbentang Bukit Menoreh, dengan puncak tertingginya Suroloyo. Di sisi timur terdapat Gunung Merapi dan Merbabu, serta di sebelah barat ada Gunung Sindoro dan Sumbing. Pemandangan yang sering diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah menantikan sunrise di puncak candi, dimana waktu teramai mengunjungi candi ini jatuh pada bulan purnama di bulan Mei, saat hari raya Waisak.

File52

File1325

Selain wisata candi dan museum yang ada di dalam Komplek Borobudur, kita juga bisa berwisata mengelilingi desa-desa yang ada disekitaran candi. Transportasi yang ditawarkan mulai dari ojek, becak, andong, sampai sepeda ontel, untuk transportasi antarkota terlayani dengan angkutan umum di Terminal Borobudur.

File976

File977

File980

File71

Dari Desa Tingal, masih banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi yang jaraknya tidak terlalu jauh, seperti Puncak Suroloyo, Bukit Menoreh, Wisata Ketep Pass, Goa Maria Sendang Sono. Akan di bahas di WISATA KAMPUNG HALAMAN #2 : DESA TINGAL-WANUREJO-BOROBUDUR

IMG_6130

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s